Subscribe to esahabat

Powered by asia.groups.yahoo.com

Belajar mengenal Allah dari Kehidupan Abraham

“BELAJAR MENGENAL ALLAH
DARI KEHIDUPAN ABRAHAM”
Kejadian 13:1-6

Ayat 1 :
Berbicara tentang Mesir:
 Arti nama Mesir adalah “tanah / negeri hitam” – karena tanahnya yang subur dan warnanya hitam.
 Mesir, namanya menjadi termasyur karena kesuburannya, kekayaannya, kesusasteraannya, kuda-kudanya yang baik, dan perdagangannya.
 Mesir merupakan lambang kebanggaan dan kesombongan (Yeh.29:3), lambang kecongkakan (Yeh.32:12), lambang kekuatan (Yes.30:2-3).
 Penduduk Mesir adalah orang-orang yang menyembah berhala, mereka mempraktekkan ilmu-ilmu sihir, suka kawin campur, dan suka menjamu para tamunya (Kej.47:5-6).
 Bahkan Kristus Yesus sendiri dikatakan oleh Kitab Suci “Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku” (Mat.2:15; Hos.11:1).
Berbicara tentang Negeb:
 Arti nama Negeb adalah “tanah yang kering / gersang” – sebab disana hanya ada sedikit air. Berbeda dengan Mesir yang memiliki sungai Nil yang menjadikan tanahnya subur.
Dari cerita Alkitab ini, kita dapat menarik suatu pesan Tuhan yaitu bahwa Tuhan menghendaki umat-Nya meninggalkan Mesir – kehidupan yang lama, antara lain: kesombongan, kecongkakan, meremehkan kuasa Tuhan (mengandalkan kekuatannya sendiri), sihir, penyembahan berhala, dsb (Galatia 5:19-21).

Ayat 2 :
“Adapun Abram sangat kaya”. Kekayaan Abram merupakan bukti perlindungan dan penyertaan serta pemeliharaan Tuhan kepadanya. Kekayaan Abram diwujudkan dengan memiliki banyak ternak (kambing, domba, lembu, sapi), perak dan emas. Jaman dahulu perak itu melambangkan mata uang logam dan juga perhiasan. Mengapa Tuhan begitu memberkati Abram sehingga dikatakan bahwa Abram sangat kaya? Karena Abram adalah seorang yang taat kepada perintah Tuhan (Kej.12:1-4 Abram taat ketika Tuhan menyuruhnya meninggalkan ayah dan sanak familinya) sehingga Tuhan memberkati Abram dengan perlindungan, penyertaan, dan pemeliharaan Tuhan. Karena ketaatannya Abraham disebut “Hamba Allah” (Kej.26:24).
Pesan Tuhan melalui ayat bacaan ini adalah (1)jadilah seorang yang taat kepada Tuhan sama seperti Abraham. (2)Jika Tuhan telah memilih dan memanggil kita untuk melayani Tuhan, jangan pernah meragukan penyertaan, perlindungan, dan pemeliharaan Tuhan kepada kita dan keluarga kita. Sebab telah dikatakan tentang suatu janji Tuhan didalam Amsal 13:13.

Ayat 3-4 :
Selain Abraham adalah seorang yang taat kepada perintah Allah, Abraham juga adalah seorang yang selalu membangun mezbah bagi Tuhan. Terbukti dengan Mezbah yang didirikan oleh Abraham setiap kali dia berkemah. Pada waktu itu bangsa Israel hidup mengembara (Kej.13:3). Mezbah pada umumnya adalah tempat persembahan korban. Tetapi mezbah juga dapat diartikan sebagai sebuah peringatan. Artinya: untuk mengingatkan kembali pada suatu pengalaman pertemuan dengan Tuhan. Jadi setiap kali bangsa Israel bertemu dengan Tuhan maka di tempat itu selalu dibuatkan mezbah. Jadi mezbah juga menandai tempat-tempat pengembaraan bangsa Israel. Kebiasaan Abraham ini diikuti oleh keturunannya; Ishak dan Yakub (Kej 26:25; 33:20). Sehingga Tuhan sangat memberkati Ishak dan Yakub sama seperti Abraham.
Pesan Tuhan dalam ayat ini adalah salah satu yang bisa membuat hati Tuhan itu senang adalah dengan selalu membangun mezbah bagi Tuhan sama seperti Abraham. Karena kedekatan hubungan antara Abraham dengan Allah inilah sehingga Abraham disebut “sahabat Allah” (Yakobus 2:23). Apakah kita juga menginginkan menjadi sahabat-sahabatnya Tuhan?

Ayat 5-6 :
Didalam Alkitab versi FAYH, disebutkan bahwa “Lot juga sangat kaya”. Lot (keponakan Abraham) ini telah ikut mengembara bersama Abraham dan hidup dengan Abraham dalam suka dan duka. Sehingga ketika Allah memberkati Abraham, Lot pun turut diberkati. Dalam kisah ini, teringat akan Firman Tuhan didalam Amsal 13:20 dan lagi Mazmur 25:14. Dengan siapa kita bergaul menentukan siapa diri kita sebenarnya. Nama Abram artinya adalah “Orang mulia”. Sedangkan Lot arti namanya adalah “Topeng”. Lot bergaul dengan Abram – orang mulia – yang cinta Tuhan dan membuat Lot turut diberkati Tuhan.
Pesan Tuhan yang didapat dari ayat ini adalah jika kita ingin dicintai dan diberkati Tuhan, milikilah pergaulan dengan orang-orang yang bergaul karib dengan Tuhan. Seperti halnya Lot bergaul karib dengan Abram – seorang yang bergaul karib dengan Tuhan – dan diberkati dengan luarbiasa.

Kesimpulan :
 Tinggalkan kehidupan yang lama kita dan kenakan manusia baru didalam Tuhan Yesus (2 Korintus 5:17).
 Berusahalah untuk menjadi seorang yang taat kepada Tuhan sama seperti Abram. Dan janji Tuhan kepada hamba-hamba-Nya yang taat adalah penyertaan, perlindungan, dan pemeliharaan.
 Bangunlah selalu mezbah bagi Tuhan yaitu suatu hubungan yang karib dengan Tuhan.
Mulai sekarang, milikilah pergaulan dengan orang-orang yang bergaul karib dengan Tuhan. Dan orang yang bergaul karib dengan Tuhan, pasti akan diberkati Tuhan.

0 Comments to "Belajar mengenal Allah dari Kehidupan Abraham"

Posting Komentar

Mohon tulis nama Anda dan alamat email. Terima kasih